Langsung ke konten utama

Hanya aku yang lebay

Disni guwe pengen menceritakan ke kalian kisah masa kecil guwe. Terkadang guwe merasa hina saat melihat masa lalu, di beberapa kondisi, ada niatan buat share cerita ini, pengalaman guwe. Tapi tak jarang juga, niatan itu guwe urungkan, dengan alasan aib. Sekarang! Ngga ada alasan buat guwe ngga nulis ini, iya guwe udah berubah, Karena niat guwe sekarang, nulis ini, pengalaman pahit guwe ini dengan niat pengen ngasih tau ke kalian semua kalau ; Tuhan punya alasan sendiri menciptakan kita, termasuk guwe dan kekurangannya.

Anak Sopir Taksi
Apa salahnya jadi anak dari seorang sopir taksi? Kenapa para anak-anak sekelas terus meneriakiku dengan sebutan 'taksi'. Apa karena tampilanku yang terlihat lemah dan pantas untuk menerima segala cacian mereka, yang tak jarang juga perlakuan jahat mereka.

Awalnya
   Beda dan aneh, kedua kata yang menggambarkan kenanganku di masa lalu.

Terlahir sebagai pemilik bintang capicorn, tak ada yang kurang dalam tubuhku, semua ada seperti manusia normal lainnya. Tapi itu berubah saat aku berumur 5 tahun. Bukan saat negara api menyerang (HE he he).

 Berawal pada suatu minggu di masa kecilku, ibu mengajakku ke pasar palur. Pasar yang tak jauh dari rumah. Pasar ini menjadi pasar induk di kawasan palur dan daerah sekitarnya. Pada masa kecilku dulu, pasar ini selalu ramai oleh pengunjung, aku sangat akrab dengan pasar ini, hampir setiap hari aku berkunjung ke pasar ini, karena di samping pasar terdapat sebuah terminal yang menjadi tempatku transit angkot. Menuju sekolah dan peluang kerumah. Tak perlu berlama lama, ini ceritaku tentang hari itu, hari yang takkan pernah kulupakan dalam hidup. Awal dari segalanya.

Tampak banyak orang yang melihatku, setelah aku melewati gerbang pintu pasar. Satu demi satu lapak penjual kulewati, terlihat para penjual dan pembeli saling melakukan aktivitasnya masing masing, bau segar ikan sampai bau busuk sampah yang tak terawat tercium baunya. Tapi ada yang aneh, kenapa banyak yang melihatku. Tatapan nya juga aneh, apakah mereka melihatku? Dengan keramaian pasar yang begitu riuh ramai oleh aktivitas orang, kukira tatapan itu tak tertuju untukku, mudah saja saat itu aku beranggapan begitu. Ya karena faktor banyak orang lah, tapi anggapan skeptis itu tak bertahan lama, beberapa menit aku menyadari ternyata tatapan itu, memang ditujukan untukku. "Emangnya aku apa?" aku terus bertanya dalam hatiku, sembari terus mengikuti alur belanja ibu. Ibu tak merasakan ada hal aneh berada di sekitarnya, dia tak melihat itu. Hanya sibuk dengan bahan makanan yang akan ia beli. Aku melihat diriku sendiri, "Ah mungkin karena aku anak kecil yang memakai baju tsubasa" aku tetap berpositif thingking. Dan perjalanan aneh itu, ditutup oleh ibu yang keluar dari gerbang pasar.

Pengakuan
Aku memiliki kulit dengan bagiang luarnya memiliki lapisan 'tipis', mudahnya gini ; jika orang normal tergigit nyamuk akan merasakan gatal saja, maka itu terjadi juga kepadaku, tapi rasa gatal yang kurasakan itu adalah 2x lipat dari yang kalian rasakan. Imbasnya akan terjadi bengkak dan jika aku tidak kuat untuk menahan rasa gatal tersebut, dengan reflek bagian telapak tanganku akan menggaruk bagian itu. Alhasil kulitku terkelupas, dengan sendirinya. Masa regenerasi kulit baru di bagian terkelupas itu akan mengalami waktu yang cukup lama. Dan menghasilkan kulit dengan fleg hitam, hasil tidak sempurnanya regenerasi kulitku

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, selain bermasalah dengan nyamuk, ternyata aku memiliki alergi pula, yaitu dengan kacang dan telot. Dua makanan kesukaanku, wajar jika aku sering mengalami bintul-bintul merah diseluruh kujur tubuhku. Namanya cinta, walaupun harus menerima karma setelah memakan dua makanan favoritku ini tetap aku makan juga pantangan ini. Ternyata ini hanya cinta monyet, setelah itu penyesalan tiada tara aku rasakan, karena harus menahan rasa gatal yang bukan main rasanya.

Kutukan tuhan
Belakangan aku baru menyadari, ternyata kulitku ini buah oleh oleh dari kakekku. Gen kakek menurun deras kepadaku, aku penerus dari keluarga ibu yang memiliki kulit seperti ini. Sebelum kutahu, dulu kukira kulitku ini adalah sebuah kutukan dari tuhan, bukan tanpa sebab aku memikirkan itu karena dari keluargaku yang terdiri dari bapak, ibu dan kakak. Hanya aku yang memiliki kelebihan ini. Kubilang kelebihan karena hanya aku yang mengalami ini, sudah pasti tuhan mengistemawakan aku dari hamba-hamba lainnya, yang memiliki kulit biasa.

Gudiken
Aku punya pengalaman lucu, menurutku ini lucu. Seperti ernest yang mengalami deskriminasi di masa sekolah, ia menulis semua pengalamannya dalam trilogi buku 'NGENEST'. Disitu aku tahu, ternyata kenangan buruk di masa lalu itu paling enak buat diketawain, begitu juga denganku. Buat apa balas dendam, toh pasti ada hikmahnya. Ya gak?

Aku punya nama lain semasa duduk di kursi sd, maupun smp. Biar lebih gaul aku pakai istilah a.k.a, biar kayak film luar negri. Begini nama a.k.a diriku ;
- SD = Renaldy Muhammad Iqbal a.k.a Gudiken a.k.a Boreken a.k.a taksi
- SMP = Renaldy Muhammad Iqbal a.k.a Borekseks a.k.a Sekrupen
Dan satu lagi panggilan favoritku yang diberikan khusus oleh musuhku, yaitu manusia robot. Kenapa demikian? aku pun juga tidak tahu. Tapi setelah kelulusan smp, aku bertanya kepada dia, kenapa dia memanggil aku 'manusia robot' dan itu karena saat dia melihatku dari jauh tampak aku seperti manusia yang memiliki banyak sekrup. Hahaha. Jika teringan masa itu, aku hanya bisa tertawa kecut. Asem!

Berlebihan menanggapi situasi
Bapak mengajariku arti hidup yang paling penting dalam kehidupan. Yaitu Do it now! / Lakukan sekarang. Dan jika kita menanggapi suatu masalah secara berlebihan maka bukannya masalah yang terselesaikan, malah menjadi menumpuk dan terasa makin berat. Ini berbeda jika kita menanggapi masalah dengan perlakuan santai dan biasa.

Aku ingat dulu, waktu aku berusia 7 tahun, saat suatu malam. Aku tidak bisa tidur, diruang tamu yang sangat sepi aku memikirkan bagaimana rencana kabur dari rumah. Aku tak kuat menghadapi masalah bullying yang terjadi di sekolah. Itu semua karena pikiranku yang berpikir liar, seolah-olah aku akan dibunuh jika bersekolah.Tapi nyatanya engga! Hanya aku yang lebay.

Hidup indah untuk ditertawakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makin dekat dengan ajal

Kebanyakan kita merayakan pergantian tahun dengan cara menghambur hamburkan uang. Berfoya-foya sebisa mungkin, sekuat mungkin. Dan menghalalkan semua macam cara untuk merayakannya. Tubuh tidak bisa berkompromi dengan itu, tapi kita tetap memaksakannya dengan berbagai macam rayuan. Seharian penuh kita terbangun, seharian pula tubuh dipaksa untuk menahan berbagai macam penyakit yang menyerang sistem kekebalan imun. Hahaha, aku hanya bisa tertawa.. Ini perjalanku, setahun yang lalu. Awalnya, sudah kurencanakan jauh jauh hari. Pergantian tahun baru ini akan kurayakan diluar, tak seperti tahun tahun sebelumnya, yang hanya terpaku kepada pc dan medsos, menghitung mundur waktu melalui tweet. Iya, aku lakukan itu.. Pada tahun ini, ada dua rencana, pertama ; pergi ke bioskop dan nonton starwars, kedua ; pergi kejogja dan seharian mlancong ala backpacker alias kantong perjalanan advanture dengan uang pas-pas'an. Pagi 31 Desember 2015, Semua sudah siap pada posisi, di dalam tas

Sudut pandang atheis

Bukan jalan tuhan menyesatkan, tapi karena susut pandang atheis kita yang membuat itu semua terjadi Kalau baca berita belakangan ini, sungguh sangat disayangkan. Agama menjadi buntut ekor kenistaan setiap manusi dibumi. Baik pelaku itu sendiri atau para pembuat berita dusta yang mementingkan visitor ketimbang mutu tulisan dan judul yang salah kaprah, alias ngga ada nyambungnya antara judul dan isi. Saat ini saja di solo lagi genting-gentingnya masalah teroris, para polisi yang biasanya makan gaji gendut sekarang mulai aktif menyuarakan pesan-pesan sinis tentang terorisme. Saya setuju dengan hal ini, sudah saatnya warga solo sadar dan intropeksi diri : Kalok memang saya ngga teroris, apakah salah satu dari keluarga saya ada yang teroris? atau tetangga saya yang bawelnya minta ampun kalau saya menaikan gigi dua di perseneling motor bebek saya? atau Mbah Por penarik becak tua kalau berjalan selalu membungkukkan badannya kedepan, yang menurut opini para warga dia lagi gendong tuyul. Apa

Belakangan ini suka melamun

Pribadi yang bodoh adalah pribadi yang lebih mengutamakan pemikiran terlebih dahulu, bukannya perbuatan. Plonggoh.  Sebenarnya apasih arti plongoh itu sendiri, dan kenapa aku berani memakai kata ini yang mana sebagian orang memilih mempampangkan nama atau nama kerennya dalam blog pribadi mereka, dan plongoh? Apakah ini adalah nama kerenku dan dari mana kata ini bisa disebut keren? ------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Aku ingin mematahkan mitos, lusa kemaren aku berada di pesisir selatan pulau jawa, lebih tepatnya di pantai wedi ombo gunung kidul! Tak sendiri aku disitu, ada teman-temanku juga. Disana aku berenang memaki celana yang berwarna hijau! Mungkin aku terlalu ngegas nulisnya, ehehehe. maaf. Kita sering mendengar dari cerita cerita masyarakat yang isinya kurang lebih begini "Barang siapa yang memakai baju atau pakaian yang bewarna hijau di pantai laut selatan, maka kita akan terbawa arus dan di